KATA PENGANTAR
Puji
syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat,
taufik, dan hidayah-Nya sehingga penulis
dapat menyelesaikan tugas kelompok dalam bentuk makalah yang berjudul “Integrasi TIK Dalam Belajar
Dan Pembelajaran“.
Makalah
kelompok ini, penulis susun untuk memenuhi tugas
kelompok yang
diberikan oleh Dosen mata kuliah Pengantar Teknologi Komunikasidan Informasi,
yakni Bapak Cecep.......
Penulis
menyadari dalam penulisan makalah ilmiah ini masih dirasakan kurang sempurna,
karena itu penulis dengan terbuka menerima segala kritik dan saran dari semua
pihak guna penyempurnaan makalah ini. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi
yang membacanya.
Jakarta, 14 Oktober 2012
Penulis
DAFTAR
ISI
Kata
Pengantar.......................................................................................i
Daftar
Isi..................................................................................................ii
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang.
Dewasa ini, proses pembelajaran yang
ada di sekitar kita tidak jauh-jauh dari perkembangan teknologi, mulai dari mobile phone, note book, televisi, dan lain sebagainya. Hal ini karena memang
pengaruh teknologi sangat besar dan tidak bisa kita pungkiri bahwa kita
membutuhkan teknologi dalam dunia pendidikan. Jika merunut pada salah satu
prinsip kurikulum pendidikan yaitu harus relevan dengan perkembangan
IPTEK, karena perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang tiap saat.
Maka TIK tidak bisa kita nafi kan sebagai sumber belajar.
B. Perumusan
Masalah.
Berdasarkan
latar belakang diatas, dapat disimpulkan beberapa pertanyaan yang akan
menggiring kita ke topik pembahasan, yaitu:
2. Apa yang
dimaksud dengan mengintegrasikan TIK ke dalam proses pembelajaran?
3. Mengapa
Pengintegrasian TIK ke dalam Proses Pembelajaran Penting?
4. Bagaimana
Mengintegrasikan TIK ke dalam Proses Pembelajaran?
5. Apa saja hambatan
dalam mengintegrasikan TIK ke dalam proses pembelajaran?
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian
J Integrasi
Integrasi adalah pembauran hingga
menjadi kesatuan yang utuh.
J TIK
Teknologi
informasi dan komunikasi tidak terfokus pada segala sesuatu hal yang berkaitan
dengan internet dan computer saja, akan tetapi segala sarana dan fasilitas yang
dapat membantu proses belajar dan pembelajaran.
J Belajar
Suatu usaha yang dilakukan dari
dalam diri seseorang untuk berubah ke arah yang lebih baik.
J Pembelajaran
Adalah
suatu proses, cara, perbuatan menjadikan orang agar mau belajar yang
berlangsung diluar diri seseorang (eksternal)
B. Integrasi
TIK dalam belajar
Dewasa
ini, proses pembelajaran yang ada di sekitar kita tidak jauh-jauh dari
perkembangan teknologi, mulai dari mobile phone, note book,
televisi, dan lain sebagainya. Hal ini karena memang pengaruh teknologi sangat
besar dan tidak bisa kita pungkiri bahwa kita membutuhkan teknologi dalam dunia
pendidikan. Jika merunut pada salah satu prinsip kurikulum pendidikan
yaitu harus relevan dengan perkembangan IPTEK, karena perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi berkembang tiap saat. Maka TIK tidak bisa kita nafi
kan sebagai sumber belajar.
Menggunakan
TIK secara efektif di dalam kelas bukanlah menyangkut tentang menjalankan
sebuah teknologi sampai bekerja. Penggunaan TIK bukanlah apa yang kita gunakan
tetapi yang penting adalah bagaimana dan kapan kita menggunakannya.
Menggunakan TIK dalam setiap belajar akan memacu inovasi.
Inovasi adalah menciptakan sesuatu yang menarik, memikat, merangsang pemikiran,
dan menyenangkan. Salah satu kelebihan penggunaan TIK adalah kemampuannya dalam
meracik sebuah pelajaran yang memperdalam pemahaman siswa akan konsep dan ide,
serta memberikan kepada mereka pengalaman-pengalaman yang baru dan menimbulkan
rasa haus akan pengetahuan di seluruh kelas.
Berdasarkan banyak penelitian, penggunaan TIK di dalam kelas
mempengaruhi penguasaan dan motivasi siswa. Penerapan TIK dalam pembelajaran
mempunyai pengaruh yang lebih besar daripada itu, diantaranya:
§ Membuka cakrawala baru dalam
kegiatan belajar dan mengajar. Mengajar menggunakan TIK memberikan semangat
baru dalam pengajaran, mengadopsi pendekatan yang baru, mengumpulkan berbagai
ide dan konsep, serta mengembangkan kecakapan-kecapakan yang baru.
§ Membantu memacu dan mendorong siswa.
Menggunakan TIK secara interaktif membantu meningkatkan kepercayaan diri,
meningkatkan perhatian siswa akan pelajaran, serta membantu membentuk perilaku
siswa.
§ Mempersiapkan siswa untuk memasuki
dunia kerja, karena saat ini sulit sekali menemukan sebuah pekerjaan yang tidak
tersentuh oleh TIK.
§ Membantu sekolah untuk memaksimalkan
sumber daya yang ada, membantu untuk menghemat uang dan waktu dengan
memaksimalkan dampak yang terjadi akibat penggunaan TIK, membantu mengurangi
beban dalam persiapan, perencanaan dan pengayaan. Dengan mudah guru dapat
melihat kembali pekerjaan-pekerjaan yang sudah dilakukan, serta menganalisis
perkembangan siswa dengan cepat
§ Leluasa. Maksudnya adalah belajar
dan mengajar dapat disesuaikan dengan kebutuhan siswa dalam berbagai tingkatan,
kemampuan dan gaya belajar siswa. TIK memberikan kebebasan bagi siswa untuk
mengatur cara belajar mereka, dan dengan cara yang paling sesuai menurut tipe
belajar masing-masing. Siswa memiliki akses ke berbagai sumber pengetahuan;
baik itu materi maupun orang/ahli. Dengan demikian siswa mampu memiliki
pengalaman personal dimana mereka memilih cara belajar seperti apa yang mereka
lebih sukai.
§ Kapanpun dan dimanapun. Dengan
menggunakan TIK, siswa tidak perlu tertinggal pelajaran jika tidak dapat
menghadiri sebuah kelas, siswa sekarang mempunyai akses untuk belajar kapanpun
dan dimanapun mereka sukai.
§ Pembelajaran Aktif. pembelajaran
tidak lagi bersifat pasif, yakni siswa duduk di depan guru dan “learning by
telling”, penggunaan TIK secara efektif mampu membuat pembelajaran menjadi
aktif. Penekanannya adalah interaktif atau “learning by doing”.
§ Komunitas Online. Belajar adalah
aktifitas sosial, dengan penggunaan TIK pembelajaran yang maksimal dan tahan
lama dapat dicapai dengan bergabung bersama komunitas online dan jaringan.
Siswa didorong untuk berkomunikasi, berkolaborasi, dan berbagi pengetahuan. TIK
mendorong pembelajaran melalui refleksi dan diskusi.
C. Integrasi
TIK dalam pembelajaran
& Apa yang
Dimaksud dengan Mengintegrasikan TIK ke dalam proses pembelajaran?
Mari
kita bandingkan dua kalimat berikut! ”Learning to Use ICTs vs Using ICTs to
Learn”. Secara sederhana, mengintegrasikan TIK ke dalam proses pembelajaran
sama maknanya dengan menggunakan TIK untuk belajar (using ICTs to learn)
sebagai lawan dari belajar menggunakan TIK (learning to use ICTs). Belajar
menggunakan TIK mengandung makna bahwa TIK masih dijadikan sebagai obyek
belajar atau mata pelajaran.
Sebenarnya,
UNESCO mengklasifikasikan tahap penggunaan TIK
dalam
pembelajaran kedalam empat tahap sebagai berikut:
1. Tahap emerging: baru menyadari akan
pentingnya TIK untuk pembelajaran dan belum berupaya untuk menerapkannya.
2. Tahap applying: satu langkah lebih
maju dimana TIK telah dijadikan sebagai obyek untuk dipelajari (mata
pelajaran).
3. Pada tahap integrating: TIK telah
diintegrasikan ke dalam kurikulum (pembelajaran).
4. Tahap transforming: merupakan tahap
yang paling ideal dimana TIK telah menjadi katalis bagi perubahan/evolusi
pendidikan. TIK diaplikasikan secara penuh baik untuk proses pembelajaran
(instructional purpose) maupun untuk administrasi
Apa yang terjadi dalam praktek pembelajaran di negara-negara berkembang,
termasuk Indonesia, TIK masih dijadikan sebagai obyek atau mata pelajaran.
Sebagian besar, TIK masih dijadikan sebagai obyek belajar atau mata pelajaran
di sekolah-sekolah. Bahkan di tingkat perguruan tinggi atau akademi, banyak
dibuka program studi yang berkaitan dengan TIK, seperti teknik informatika,
manajemen informatika, teknik komputer, dan lain- lain.
& Mengapa
Pengintegrasian TIK ke dalam Proses Pembelajaran Penting?
Jawabannya
sangat berkaitan erat dengan mempersiapkan sumber daya manusia Indonesia untuk
siap memasuki era masyarakat berbasis pengetahuan (knowledge-based society).
Tahun 2020 Indonesia akan memasuki era perdagangan bebas (AFTA). Pada masa itu,
masyarakat Indonesia harus memiliki ICT literacy yang mumpuni dan kemampuan
menggunakannya untuk meningkatkan produktifitas (knowledge-based society). Pengintegrasian
TIK ke dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan ICT literacy membangun
karakteristik masyarakat berbasis pengetahuan (knowledge-based society) pada
diri siswa, disamping dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi proses
pembelajaran itu sendiri.
UNESCO (2002) menyatakan bahwa pengintegrasian TIK ke dalam
proses pembelajaran memiliki tiga tujuan utama:
Q Untuk membangun ”knowledge-based
society habits” seperti kemampuan memecahkan masalah (problem solving),
kemampuan berkomunikasi, kemampuan mencari, mengoleh/mengelola informasi,
mengubahnya menjadi pengetahuan baru dan mengkomunikasikannya kepada orang
lain;
Q Untuk mengembangkan keterampilan
menggunakan TIK (ICT literacy); dan
Q Untuk meningkatkan efektifitas dan
efisiensi proses pembelajaran.
& Bagaimana
Mengintegrasikan TIK ke dalam Proses Pembelajaran?
Dari
sisi pendekatan, Fryer (2001) menyarankan dua pendekatan yang dapat dilakukan
guru ketika merencanakan pembelajaran yang mengintegrasikan TIK, yaitu:
Pendekatan
Topik (Theme-Centered Approach), Pada pendekatan ini, topik atau satuan
pembelajaran dijadikan sebagai acuan. Secara sederhana langkah yang dilakukan
adalah:
1. menentukan topik.
2. menentukan tujuan pembelajaran yang
ingin dicapai.
3. menentukan aktivitas pembelajaran dan
software (seperti modul. LKS, program audio, VCD/DVD, CD-ROM, bahan belajar
on-line di internet, dll) yang relevan untuk mencapai tujuan pembelajaran
tersebut.
· Pendekatan
Software (Software-centered Approach), menganut langkah yang sebaliknya. Langkah
pertama dimulai dengan mengidentifikasi software (seperti bku, modul, LKS,
program audio, VCD/DVD, CD-ROM, bahan belajar on-line di internet, dll) yang
ada atau dimiliki terlebih dahulu. Kemudian menyesuaikan dengan topik dan
tujuan pembelajaran yang relevan dengan software yang ada tersebut. Sebagai
contoh, karena di sekolah hanya ada beberapa VCD atau mungkin CD- ROM tertentu
yang relevan untuk suatu topik tertentu, maka guru merencanakan pengintegrasian
software tersebut untuk mengajar hanya topic tertentu. Topik yang lain terpaksa
dilaksanakan dengan cara konvensional.
& Apa saja hambatan
dalam mengintegrasikan TIK ke dalam proses pembelajaran?
Ada beberapa hambatan yang perlu
digaris bawahi berkaitan dengan pemanfaatan TIK untuk pembelajaran. Hambatan-
hambatan tersebut diantaranya adalah:
6 Penolakan/keengganan untuk berubah
(resistancy to change), khususnya dari policy maker (kepala sekolah dan guru).
6 Kesiapan SDM (ICT literacy dan
kompetensi guru).
6 Ketersedian fasilitas TIK.
6 Ketersediaan bahan belajar berbasis
aneka sumber.
6 Keberlangsungan (sustainability)
karena keterbatasan dana.
BAB III
KESIMPULAN
Di era globalisasi ini, proses belajar
dan pembelajaran tidak luput dari perkembangan teknologi. Hal ini dikarenakan
pengaruh teknologi sangat besar dan tidak bisa dipungkiri bahwa kita
membutuhkan teknologi dalam dunia pendidikan. Berdasarkan penelitian,
penggunaan TIK di dalam kelas mempengaruhi penguasaan dan motivasi siswa.
Namun, tidak menutup kemungkinan ada hambatan dalam mengintegrasikan TIK dalam
proses pembelajaran, seperti kesiapan SDM (Sumber Daya Manusia).
DAFTAR PUSTAKA
TUGAS PENGUASAAN KELOMPOK
1. Apa yang
dimaksud dengan mengintegrasikan TIK ke dalam proses pembelajaran?
2. Mengapa
Pengintegrasian TIK ke dalam Proses Pembelajaran Penting?
3. Bagaimana
Mengintegrasikan TIK ke dalam Proses Pembelajaran?
0 komentar:
Posting Komentar