PengertianKurikulum
Dr. Addamardasyidan Dr. MunirKamil:“Kurikulumadalahsejumlahpengalamanpendidikankebudayaan,
sosial, olahraga, dankesenian yang disediakanolehsekolahbagimurid-murid di
dalamdan di luarsekolahdenganmaksudmenolongnyauntukberkembangmenyeluruhdalamsegalasegidanmerubahtingkahlakumerekasesuaidengantujuan-tujuanpendidikan.”
Crow and Crow : “KurikulumadalahRancanganPengajaranatausejumlahmatapelajaran
yang disusunsecarasistematisuntukmenyelesaikansuatu program
untukmemperolehijazah.”
Carter V. Good dalam Oliva, 191:6 :”Kurikulum
adalah kelompok pengajaran yang sistematik atau urutan subjek yang
dipersyaratkan untuk lulus atau sertifikasi dalam pelajaran mayor, misalnya
kurikulum pelajaran sosial, kurikulum pendidikan fisika”
Daniel
Tanner & Laurel Tanner :“Pengalamanpembelajaran
yang terencanadanterarah, yang disusunmelalui proses
rekonstruksipengetahuandanpengalaman yang sistematis di
bawahpengawasanlembagapendidikan agar
pembelajardapatterusmemilikiminatuntukbelajarsebagaibagiandarikompetensisosialpribadinya.”
Murray
Print.: ”Kurikumdidefinisikansebagaisemuaruangpembelajaranterencana
yang diberikankepadasiswaolehlembagapendidikandanpengalaman yang
dinikmatiolehsiswasaatkurikulumituterapkan.
Kurikulumadalahsejumlahmatapelajaran yang harusditempuhdandipelajariolehsiswauntukmemperolehsejumlahpengetahuan.
Kurikulumadalahsuatu program pendidikan yang disediakanuntukmembelajarkansiswa.Dengan program itu, parasiswamelakukanberbagaikegiatanbelajarsehinggaterjadiperubahandanperkembangantingkahlakusiswa, sesuaidengantujuanpendidikandanpembelajaran.Dengan kata lain, sekolahmenyediakanlingkunganbagisiswa yang memberikankesempatanbelajar.”
Kurikulumadalahsejumlahmatapelajaran yang harusditempuhdandipelajariolehsiswauntukmemperolehsejumlahpengetahuan.
Kurikulumadalahsuatu program pendidikan yang disediakanuntukmembelajarkansiswa.Dengan program itu, parasiswamelakukanberbagaikegiatanbelajarsehinggaterjadiperubahandanperkembangantingkahlakusiswa, sesuaidengantujuanpendidikandanpembelajaran.Dengan kata lain, sekolahmenyediakanlingkunganbagisiswa yang memberikankesempatanbelajar.”
Sumber :
gontor2007.blogspot.com
Pembahasan&Kesimpulan
Mengacukepadapengertiankurikulummenurut
Murray Print, pendidikanituperludiperoleh demi mencapaikehidupan yang
lebihbaik.Kemasanpendidikanitusendirijugaperludiaturdengantujuanpendidikan yang
semakinmajudenganalur yang seefektifmungkindanpondasipendidikan yang
sekuat-kuatnya.Kurikulumitulah yang berperanmengantarkanpendidikankearah yang
lebihbaikdenganpengawasandanpengaturan yang rapihdantujuannya yang nyata
Kurikulummemilikidefinisisebagaisebuahrancanganataurencana
yang sengajadibuatolehsuatulembagapendidikan yang berisibahan-bahan ajar,
rancanganpembelajarandanmatapelajaran.Untukmenyetarakanhaltersebut agar
memilikisebuahstandar yang samadalamsuatucakupan, kurikulumberfungsisebagaipersyaratanuntukmendapatkanpengetahuan,
pengalamansertauntukmenggaliminatparapelajardansebagaitujuanuntukmendapatkansebuahsertifikatatauijazah.
Takberhentisampaidisitu,
kurikulumjugabersifatfleksibel.Isi
danaturan-aturannyadapatberubahsesuaiperkembanganilmupendidikanitusendiri.Kita
semuatahu, setiapilmutidakberhentiberkembangdariwaktukewaktu.Kurikulumitupadahakekatnyaberkembangberiringandengansuatufokusbidang
yang terkait.Misalnya, jikailmuteknologiinformasiberkembang,
kurikulumitujugaikutberkembangsesuaidenganperkembangan yang ada.
Kesimpulan
yang dapat kami tarikdaripendapatMurray;
1. Kurikulumsebagaipondasikependidikan
2. Beruparancangankependidikanberisibahan-bahan
ajar
3. Kurikulumtidakberkembangsendiri
0 komentar:
Posting Komentar