PengertianKurikulum

Dr. Addamardasyidan Dr. MunirKamil:“Kurikulumadalahsejumlahpengalamanpendidikankebudayaan, sosial, olahraga, dankesenian yang disediakanolehsekolahbagimurid-murid di dalamdan di luarsekolahdenganmaksudmenolongnyauntukberkembangmenyeluruhdalamsegalasegidanmerubahtingkahlakumerekasesuaidengantujuan-tujuanpendidikan.”
Crow and Crow : “KurikulumadalahRancanganPengajaranatausejumlahmatapelajaran yang disusunsecarasistematisuntukmenyelesaikansuatu program untukmemperolehijazah.”

Carter V. Good dalam Oliva, 191:6 :”Kurikulum adalah kelompok pengajaran yang sistematik atau urutan subjek yang dipersyaratkan untuk lulus atau sertifikasi dalam pelajaran mayor, misalnya kurikulum pelajaran sosial, kurikulum pendidikan fisika”

Daniel Tanner & Laurel Tanner :“Pengalamanpembelajaran yang terencanadanterarah, yang disusunmelalui proses rekonstruksipengetahuandanpengalaman yang sistematis di bawahpengawasanlembagapendidikan agar pembelajardapatterusmemilikiminatuntukbelajarsebagaibagiandarikompetensisosialpribadinya.”

Murray Print.: ”Kurikumdidefinisikansebagaisemuaruangpembelajaranterencana yang diberikankepadasiswaolehlembagapendidikandanpengalaman yang dinikmatiolehsiswasaatkurikulumituterapkan.
Kurikulumadalahsejumlahmatapelajaran yang harusditempuhdandipelajariolehsiswauntukmemperolehsejumlahpengetahuan.
Kurikulumadalahsuatu program pendidikan yang disediakanuntukmembelajarkansiswa.Dengan program itu, parasiswamelakukanberbagaikegiatanbelajarsehinggaterjadiperubahandanperkembangantingkahlakusiswa, sesuaidengantujuanpendidikandanpembelajaran.Dengan kata lain, sekolahmenyediakanlingkunganbagisiswa yang memberikankesempatanbelajar.”

Sumber : gontor2007.blogspot.com
Pembahasan&Kesimpulan
            Mengacukepadapengertiankurikulummenurut Murray Print, pendidikanituperludiperoleh demi mencapaikehidupan yang lebihbaik.Kemasanpendidikanitusendirijugaperludiaturdengantujuanpendidikan yang semakinmajudenganalur yang seefektifmungkindanpondasipendidikan yang sekuat-kuatnya.Kurikulumitulah yang berperanmengantarkanpendidikankearah yang lebihbaikdenganpengawasandanpengaturan yang rapihdantujuannya yang nyata
Kurikulummemilikidefinisisebagaisebuahrancanganataurencana yang sengajadibuatolehsuatulembagapendidikan yang berisibahan-bahan ajar, rancanganpembelajarandanmatapelajaran.Untukmenyetarakanhaltersebut agar memilikisebuahstandar yang samadalamsuatucakupan, kurikulumberfungsisebagaipersyaratanuntukmendapatkanpengetahuan, pengalamansertauntukmenggaliminatparapelajardansebagaitujuanuntukmendapatkansebuahsertifikatatauijazah.
Takberhentisampaidisitu, kurikulumjugabersifatfleksibel.Isi danaturan-aturannyadapatberubahsesuaiperkembanganilmupendidikanitusendiri.Kita semuatahu, setiapilmutidakberhentiberkembangdariwaktukewaktu.Kurikulumitupadahakekatnyaberkembangberiringandengansuatufokusbidang yang terkait.Misalnya, jikailmuteknologiinformasiberkembang, kurikulumitujugaikutberkembangsesuaidenganperkembangan yang ada.
Kesimpulan yang dapat kami tarikdaripendapatMurray;
1.      Kurikulumsebagaipondasikependidikan
2.      Beruparancangankependidikanberisibahan-bahan ajar
3.      Kurikulumtidakberkembangsendiri


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar