9 Perilaku Komunikasi dalam Pembelajaran beserta contoh

Tugas Dasar Komunikasi

Asti Indah Wirastuty (1215121107)
Daskom A


9 Perilaku Komunikasi dalam Pembelajaran beserta contoh

1.A   Perilaku simtomatik yang tidak dipersepsi
Ketika belajar diruangan yang suhunya agak panas , tiba –tiba tanpa sadar saya berkipas-kipas tetapi tidak ada seorangpun yang melihatnya karena saya duduk diposisi paling belakang.
1.B   Simton yang dipersepsi secara incidental
Ketika belajar diruangan yang suhunya agak panas , tiba –tiba tanpa sadar saya berkipas-kipas kemudian ada teman saya yang menyadari bahwa saya berkipas-kipas karena ruangannya panas meskipun tadi ia tidak memperhatikan saya.
1.C   Simton yang diperhatikan
Ketika belajar diruangan yang suhunya agak panas , tiba –tiba tanpa sadar saya berkipas-kipas lalu teman saya berkata “Ruangan ini memang sangat panas karena AC nya sedang rusak”.
2.A   Pesan non verbal yang tidak diterima
Saat berdiskusi di kelas , Saya mengacungkan tangan kepada Guru saya untuk memberi tanggapan , tetapi beliau tidak melihat saya.
2.B   Pesan nonverbal incidental
Guru saya kemudian berkata “Maaf , tadi saya tidak merespon anda karena saya sedang mendengarkan tanggapan dari murid saya yang lainnya”
2.C  Pesan nonverbal yang diperhatikan
Saat berdiskusi di kelas , Saya mengacungkan tangan kepada Guru saya untuk memberi tanggapan , lalu beliau menunjuk saya agar memberikan tanggapan .
3.A  Pesan verbal yang tidak diterima
Saya mengumpulkan tugas kepada salah seorang Guru , namun tugas tersebut hilang saat saya meletakkanya di atas meja Guru saya tersebut.
3.B  Pesan verbal incidental
Ketika saya belajar , teman saya meribut sehingga mengganggu konsentrasi belajar saya , lalu saya menyindirnya agar tidak meribut, meskipun ia tahu bahwa saya berbicara kepadanya , ia tidak terlalu memperhatikan saya.
3.C  Pesan verbal yang diperhatikan
                Seorang guru yang disukai pelajaran dan cara belajarnya oleh semua murid , saat menerangkan pelajaran semua murid tersebut memperhatikan dan mendengarkan beliau .

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar