KurikulumInti
            Kurikulum yang merupakansusunandaribebeberapakomponen yang salingterkaithinggamembentuksuatusistemuntukmencapaisatutujuan.Kurikulumintiinidisusunolehlembagapendidikanpusat tang terdiridarabeberapamatapelajaranpokokdenganharapan agar pesertadidik di seluruh Indonesia mempunyaistandarkompetensi yang sama.

KurikulumInstitusi
            Suatusistemkurikulumtersendiriyang dibuatolehsuatulembaga yang hanyadiperuntukkanuntuklembagaatauinstitusiitusendiri.

KurikulumUtuh
            Kurikulum yang memilikikomponenkependidikansecaralengkapdanutuhmengklasifikasikansegalaaspek yang dibutuhkandalammencapaitujuankurikulumtersebut, atausingkatnyakurikulumutuhadalahkurikulum yang terstruktursecaralengkapdanakurat.

KurikulumMuatanLokal
            Jikapadaawalnyasuatusekolahmengambilkurikulumnasionalsebagaidasartujuankepndidikanmereka, makakurikulummuatanlokalbersifatsebagaisuatu “tambahan” yang disesuaikandenganlingkungansetempat.Sebagacontoh, penambahanmatapelajaranbahasaSunda di sekolah-sekolahberlokasi di jawabarat.

Hidden Curriculum
            IstilahHidden Curriculumpertamadigunakanolehsosiologbernama Philip Jackson padatahun 1968, meskipunkonsepnyasudahadalebihdulu. Jackson berpendapatbahwaapa yang diajarkan di sekolahitusesungguhnya “lebih” daripada total kurikulum yang ada. Sekolah (lembagapendidikan) itujugaseharusanyadipahamisebagaisarana proses sosialisasi di manapesertadidiknyadapatmengambilnilai “lebih” daripengalamannyaikutdalam proses belajar-mengajar.

Intra Kurikuler
            Intra Kurikuleriniadalahkegiatanatau agenda pendidikanwajib yang harusdiikutiolehseluruhpesertadidik yang telahditentukanolehsekolahatausniversitasuntukpesertadidiknyawajibikutiataulaksanakan.Seperticontoh, setiapmahasiswa S1 padaakhirnyaharusmembuatskripsi agar bisalulussebagaisarjana.
KoKurikuler
            Kokurikuleradalahseluruhkegiatansekolahatauuniversitasdiluarkurikulum yang telahditentukannamunmasihmemilikikaitandengankurikulum yang adadansifatnyamendukungkegiatanpesertadidikdalammengikutikurikulumtersebut.

EkstraKurikuler
            Berbedadengan intra kurikuler, ekstrakurikkuleriniadalahkegiatan yang bisaberbentukakademikataupun non-akademik yang bisajugadisediakanolehsekolahatauuniversitasataupunorganisasi lain untuksetiappesertadidik “boleh” ikutisesuaiminatnyatanpaadapaksaandaripihaksekolahataupununiversitas.

KTSP
            KTSP adalah kurikulum operasional yang disusun, dikembangkan, dan dilaksanakan oleh setiap satuan pendidikan dengan memperhatikan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang dikembangkan Badan Standar Nasional Pendidikan ( BSNP ).Pada prinsipnya, KTSP merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari SI, namun pengembangannya diserahkan kepada sekolah agar sesuai dengan kebutuhan sekolah itu sendiri. KTSP terdiri dari tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan, struktur dan muatan kurikulum tingkat satuan pendidikan, kalender pendidikan, dan silabus. Pelaksanaan KTSP mengacu pada Permendiknas Nomor 24 Tahun 2006 tentang Pelaksanaan SI dan SKL.
KKNI
            KKNI adalah kerangka kualifikasi yang disepakati secara nasional, disusun berdasarkan suatu ukuran pencapaian proses pendidikan sebagai basis pengakuan terhadap hasil pendidikan seseorang (biak yang diperoleh secara formal, non formal, in formal, atau otodidak). Denganadanya KKNI inidiharapkanakanmembangunkesadaranmutuparapenyelenggarapendidikan di Indonesia untukmenghasilkankualitaspesertadidik (SDM) yang sesuaidengankualifikasi yang ada. KKNI inijugadiharapkandapatmembangunkarakterpendidikan Indonesia denganpeningkatandayasaingsetiap SDM yang ada.

SUMBER       :

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar