KurikulumInti
Kurikulum yang
merupakansusunandaribebeberapakomponen yang
salingterkaithinggamembentuksuatusistemuntukmencapaisatutujuan.Kurikulumintiinidisusunolehlembagapendidikanpusat
tang terdiridarabeberapamatapelajaranpokokdenganharapan agar pesertadidik di
seluruh Indonesia mempunyaistandarkompetensi yang sama.
KurikulumInstitusi
Suatusistemkurikulumtersendiriyang dibuatolehsuatulembaga
yang hanyadiperuntukkanuntuklembagaatauinstitusiitusendiri.
KurikulumUtuh
Kurikulum yang memilikikomponenkependidikansecaralengkapdanutuhmengklasifikasikansegalaaspek
yang dibutuhkandalammencapaitujuankurikulumtersebut,
atausingkatnyakurikulumutuhadalahkurikulum yang
terstruktursecaralengkapdanakurat.
KurikulumMuatanLokal
Jikapadaawalnyasuatusekolahmengambilkurikulumnasionalsebagaidasartujuankepndidikanmereka,
makakurikulummuatanlokalbersifatsebagaisuatu “tambahan” yang
disesuaikandenganlingkungansetempat.Sebagacontoh,
penambahanmatapelajaranbahasaSunda di sekolah-sekolahberlokasi di jawabarat.
Hidden Curriculum
IstilahHidden Curriculumpertamadigunakanolehsosiologbernama Philip Jackson
padatahun 1968, meskipunkonsepnyasudahadalebihdulu. Jackson berpendapatbahwaapa
yang diajarkan di sekolahitusesungguhnya “lebih” daripada total kurikulum yang
ada. Sekolah (lembagapendidikan) itujugaseharusanyadipahamisebagaisarana proses
sosialisasi di manapesertadidiknyadapatmengambilnilai “lebih”
daripengalamannyaikutdalam proses belajar-mengajar.
Intra Kurikuler
Intra Kurikuleriniadalahkegiatanatau agenda
pendidikanwajib yang harusdiikutiolehseluruhpesertadidik yang
telahditentukanolehsekolahatausniversitasuntukpesertadidiknyawajibikutiataulaksanakan.Seperticontoh,
setiapmahasiswa S1 padaakhirnyaharusmembuatskripsi agar
bisalulussebagaisarjana.
KoKurikuler
Kokurikuleradalahseluruhkegiatansekolahatauuniversitasdiluarkurikulum
yang telahditentukannamunmasihmemilikikaitandengankurikulum yang
adadansifatnyamendukungkegiatanpesertadidikdalammengikutikurikulumtersebut.
EkstraKurikuler
Berbedadengan intra kurikuler,
ekstrakurikkuleriniadalahkegiatan yang bisaberbentukakademikataupun
non-akademik yang bisajugadisediakanolehsekolahatauuniversitasataupunorganisasi
lain untuksetiappesertadidik “boleh”
ikutisesuaiminatnyatanpaadapaksaandaripihaksekolahataupununiversitas.
KTSP
KTSP
adalah kurikulum operasional yang disusun, dikembangkan, dan dilaksanakan oleh
setiap satuan pendidikan dengan memperhatikan standar kompetensi dan kompetensi
dasar yang dikembangkan Badan Standar Nasional Pendidikan ( BSNP ).Pada
prinsipnya, KTSP merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari SI, namun
pengembangannya diserahkan kepada sekolah agar sesuai dengan kebutuhan sekolah
itu sendiri. KTSP terdiri dari tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan,
struktur dan muatan kurikulum tingkat satuan pendidikan, kalender pendidikan,
dan silabus. Pelaksanaan KTSP mengacu pada Permendiknas Nomor 24 Tahun 2006 tentang Pelaksanaan SI dan SKL.
KKNI
KKNI adalah kerangka kualifikasi yang
disepakati secara nasional, disusun berdasarkan suatu ukuran pencapaian proses
pendidikan sebagai basis pengakuan terhadap hasil pendidikan seseorang (biak
yang diperoleh secara formal, non formal, in formal, atau otodidak). Denganadanya KKNI
inidiharapkanakanmembangunkesadaranmutuparapenyelenggarapendidikan di Indonesia
untukmenghasilkankualitaspesertadidik (SDM) yang sesuaidengankualifikasi yang
ada. KKNI inijugadiharapkandapatmembangunkarakterpendidikan Indonesia
denganpeningkatandayasaingsetiap SDM yang ada.
SUMBER :
0 komentar:
Posting Komentar